Banner
Jajak Pendapat
Apakah perlu Uji Kompetensi Nasional Dilaksanakan
Sangat Perlu
Perlu
Ragu
Tidak Perlu
  Lihat
Statistik
  Visitors : 136162 visitors
  Hits : 574 hits
  Today : 1 users
  Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

   
Agenda
15 December 2018
M
S
S
R
K
J
S
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5

Dampak Buruk dan Manfaat Bermain Clash of Clans (COC)

Tanggal : 17-11-2015 15:07, dibaca 1897 kali.
Pernahkah kamu mendengar aplikasi permainan populer Clash of Clans (COC)? Atau apakah kamu salah satu ‘penggila’ game ini?

Tidak bisa dipungkiri jika game yang dirilis pertama kali pada 2 Agustus 2012 ini memang layak disebut “game sejuta umat”. Saking populernya, hampir semua orang sangat tergila-gila dengan permainan ini. Mereka juga tak segan-segan mengabaikan semua aktivitas keseharian mereka demi memainkan game ini. Apakah kamu termasuk demikian?


 

Apa itu Clash of Clans?

Clash of Clans (COC) merupakan sebuah game multiplayer online di mana seorang pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas dan obat mujarab, dan Dark Elixir, yang dapat digunakan untuk membangun pertahanan yang melindungi diri dari serangan pemain lain, dan untuk melatih dan meningkatkan kekuatan tentara.

Menurut Supercell, Clash of Clans adalah 'Sebuah Permainan Strategi Tempur Epic’. Permainan ini membutuhkan pemikiran, perencanaan dan pengelolaan sumber daya yang cermat untuk bisa sukses. Pemain juga harus bekerja keras untuk merencanakan dan membangun desa dari awal, menyiapkan pertahanan yang diperlukan untuk menangkis serangan musuh dan membuat tentara semakin kuat.

Selanjutnya, pemain masuk ke dalam aliansi dengan pemain lain dan membentuk 'klan'. Mereka kemudian menyerang desa pemain lain untuk mendapatkan imbalan seperti emas, obat mujarab dan piala yang digunakan untuk meningkatkan level permainan mereka. Penting untuk diingat bahwa rekan dalam satu klan bisa berasal dari negara lain di mana ada 130 negara yang tersedia dalam aplikasi ini.

APA MANFAAT BERMAIN COC

Banyak sekali! Meski permainan ini seringkali menyita waktu, jika kamu tipe orang yang pintar dalam manajemen waktu, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat dari permainan ini. Kamu boleh saja tidak setuju dengan pendapat ini karena itu semua kembali pada diri masing-masing. Berikut manfaat bermain Clash of Clans (COC):

  1. Pemain akan belajar bahwa butuh investasi waktu, tenaga dan kesabaran untuk meraih kesuksesan
  2. Pemain akan mengalami rasa puas yang tak terkira melihat sesuatu yang terjadi sesuai rencana
  3. Pemain dapat belajar tentang konsekuensi (atau imbalan) dari pengambilan risiko
  4. Pemain mengembangkan kemampuan untuk menganalisis informasi dan membuat keputusan
  5. Pemain berpartisipasi dalam pembelajaran berdasarkan pengalaman tanpa benar-benar menderita konsekuensi dari pengambilan keputusan yang buruk
  6. Pemain mempelajari kemampuan untuk mengatasi hal buruk dan bagaimana untuk bangkit dan pulih dari masalah tersebut
  7. Pemain mempelajari nilai ketekunan dan belajar dari kesalahan
  8. Pemain mendapatkan pengalaman dari kerjasama kolaboratif dengan pemain lain

Hal yang harus diketahui orangtua tentang Clash Of Clans

  • Inti dari permainan ini adalah pemain memiliki tugas untuk menyerang
desa pemain lain. Meskipun saling serang, game ini tidak mengandung unsur kekerasan secara tampak nyata. Namun, jika Anda sebagai orangtua menganggap bahwa permainan ini membahayakan perkembangan buah hati Anda, silahkan bujuk anak Anda untuk berhenti memainkannya.
  • Clash of Clans adalah permaian GRATIS!, tetapi orangtua harus menyadari bahwa pemain dapat dengan mudah melakukan pembelian dalam aplikasi kecuali jika Anda tidak memberikan pembatasan yang tepat. Ada toko dalam game di mana seorang pemain dapat membeli "permata" untuk mendapatkan sumber daya yang mereka butuhkan. Pemain dapat melakukan banyak pembelian yang mereka inginkan, tanpa batas, dengan menekan satu tombol saja!
  • Anak-anak Anda berpotensi bermain game dengan orang asing jika mereka tergabung dalam suatu klan. Permainan memungkinkan pemain untuk masuk ke dalam aliansi dengan pemain lain di mana ada 130 negara yang tersedia dalam aplikasi ini. Anda dapat meminta anak Anda untuk tergabung dalam klan yang dia kenal saja.
  • Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui fitur 'chatting' di permainan 'Clash of Clans'. Dengan mengklik tab 'Clan', pemain dapat memilih untuk mengirim pesan yang hanya dapat dilihat untuk anggota lain dari klan mereka. Dengan fitur ini, anak Anda akan terhubung secara sosial dengan teman-teman mereka dalam satu klan untuk merencanakan strategi dalam permainan.
  • Tepat di sebelah tab chatting 'Clan', ada tombol lain bernama 'Global'. Fitur ini memungkinkan pemain untuk mengobrol dengan pemain lain di suatu wilayah (terlepas dari klan afiliasi). Alhasil, anak Anda bisa saja 'mengobrol' dengan orang asing. Namun, jika seorang pemain mendapatkan komentar pemain lain yang kasar, mereka bisa menggunakan opsi 'mute' sehingga pesan mereka tidak akan lagi terlihat di chat tab Global. 

 

Apa yang harus dilakukan orangtua?

  1. Atur pembatasan pada perangkat sehingga anak Anda tidak melakukan pembelian. Clash of Clans adalah permaianan gratis namun bisa menguras isi tabungan Anda jika tidak digunakan secara bijak. Ada banyak kasus dimana seorang bocah menghabiskan ribuan dollar dalam memainkan COC.
  2. Pastikan anak-anak Anda hanya bergabung dalam klan yang mereka kenal. Aplikasi ini tersedia di lebih dari 130 negara, dan hal itu mungkin bagi anak Anda untuk masuk ke dalam satu klan dengan orang asing, tak peduli itu dekat atau jauh.
  3. Pastikan anak Anda hanya berpartisipasi dalam obrolan sesuai usia dengan orang-orang di klan mereka karena tidak ada filter pada isi chat.
  4. Ingatkan anak-anak Anda untuk tidak memberikan informasi yang bersifat pribadi seperti alamat rumah, nomor identitas, dan lain sebagainya.
  5. Ingatkan kepada mereka untuk tidak terlalu serius dan cepat marah dalam permainan ini. Jika mereka tidak bisa berpikir realistis, sebaiknya minta mereka untuk berhenti memainkannya.
  6. Tetapkan batas waktu yang ketat pada anak Anda. Permainan ini sangat adiktif sehingga seringkali membuat mereka lupa waktu kapan harus makan, belajar, istirahat atau mandi.

 DAMPAK BURUK DARI PERMAINAN COC INI .

1. Hidup tidak tenang

Percaya atau tidak, orang yang sudah kecanduan Clash of Clans pasti tidak akan mudah lepas dengan gadgetnya. Orang yang kecanduan Clash of Clans akan terus menerus memainkan COC-nya entah cuma ngechat diclan atau di global chat atau mungkin dengan ngeklik-ngeklik ga jelas base miliknya sendiri, apalagi jika base tersebut tidak memiliki Shield, memiliki loot banyak, ada di liga yang tinggi, dan juga builder dikit lagi selesai nukang. Orang tersebut mungkin akan berpikir seperti ini: "kalo gw keluar pasti diserang habis-habisan nih?", "dirampok banyak gak ya?", "builder masih lama lagi selesainya" , dan masih banyak lagi pokoknya waktu 12 jam jadi g berasa, karena mikir "wah gw upgrade dari jam 9 pagi nnti jam 9 malem kelar", nah pikiran itu berulang ulang dan terjadi terus, berjam-jam bahkan berhari-hari jadi sama sekali ga berasa.
  

2. Bergantung dengan Listrik


Orang yang kecanduan bermain Clash of Clans juga tidak akan bisa berlama-lama jauh dari sumber listrik. Dengan membuka Clash of Clans terus-menerus, secara otomatis baterai smartphone akan habis dengan cepat. Percaya atau tidak, pemain yang sudah kecanduan pasti memiliki Powerbank dengan kapasitas besar untuk melakukan charging entah di rumah, di sekolah maupun di tempat kerja untuk berjaga-jaga kalau listrik mati atau ga ada colokan, bahkan tidak sedikit juga pemain CoC yang memiliki banyak gadget agar lebih mudah bermain jika baterai salah satu gadget miliknya habis.
 

3. Penyakitan

 

Dampak buruk yang bisa kamu terima saat bermain CoC terus menerus adalah memiliki berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang banyak diderita pemain Clash of Clans akibat terus-terusan bermain hingga lewat jam tidurnya adalah Insomnia, tau sendirikan apa itu Insomnia jadi ga perlur saya jelaskan secara detail, Penyakit Insomnia akan menyebabkan pengidapnya memiliki kondisi tubuh yang tidak fit. Pas paginya badan jadi loyo, ngantuk, dan akhirnya pusing bro... true story
Selain penyakit Insomnia, ada juga penyakit lain yang biasanya diidap pemain Clash of Clans, yaitu penglihatan terganggu, kelainan postur tubuh, dan masih banyak lagi. 


4. Antisosial

 

Dampak buruk bermain Clash of Clans terus menerus selanjutnya adalah membuat banyak pemainnya tidak peduli dengan orang di sekitar. Sama seperti poin pertama tadi, orang yang kecanduan Clash of Clans tidak akan bisa lepas dari gadget dan membuka Clash of Clans-nya terus menerus. Contohnya sederhananya adalah saat sedang reuni, si pecandu CoC akan lebih fokus memainkan CoC nya daripada berbicara, bersalam-salaman bahkan bercanda dengan teman di sebelahnya. Percayalah anda jadi seperti orang tulul karena acuh dengan orang-orang sekitar anda.

5. Boros

ini adalah masalah cukup serius yang pasti dialami banyak pemain Clash of Clans. Di dalam game Clash of Clans, semakin besar Town Hall-nya, maka pengguna akan semakin lama menunggu pembangunan selesai. Selain waktu tunggu yang lama, jumlah resource (elixir, gold, dan dark elixir) yang dibutuhkan tidaklah sedikit.
Untuk mempersingkat waktu pembangunan dan juga mendapatkan banyak resource dalam waktu singkat, pengguna bisa menggunakan mata uang bernama Gems yang bisa dibeli dengan uang asli. Namun, Harga Gems Clash of Clans cukup mahal di Indonesia. Belum lagi jika beli Gems dengan pulsa, kamu akan dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10%. Belum lagi ada kasus yang beli gems sampai jutaan, bahkan ada anak pejabat sampai beli gems 100jutaan kan gila bener.



Pengirim : Nova Andrian
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : englewSig -  [lapaushkin@yandex.ru]  Tanggal : 23/05/2018
а где вы взяли эту инфу<a href=http://il.educationinuk.ru/>?</a>

Pengirim : DreHype -  [dreDith@edfast-medrx.com]  Tanggal : 16/02/2018
Amoxicillin And Heat Zithromax Yahoo Answers Buy Tadacip Online <a href=http://ciali5mg.com>cialis</a> Propecia Experience

Pengirim : Larrypek -  [larryskirm@mail.ru]  Tanggal : 22/03/2017
If you have difficulty sleeping, it may be a symptom of sleep apnea. Lots of people deal with this condition every day, and it is often a problem that is quite unpleasant to manage. But the good news is that there are effective treatments out there. Read this article to learn some basic information about recognizing and treating sleep apnea.

If you suffer from sleep apnea, you should use a Continuous Positive Airway Pressure machine while sleeping. This will help you treat your sleep apnea and get you on the path to having a full nights sleep. This machine uses either a face or nasal mask to pump air while you sleep.

If you are over weight, going on a diet can reduce your sleep apnea, or in rare cases, eliminate it completely. Maintaining a healthy weight can help you breathe easier, so losing weight and maintaining a healthy weight when you have trouble breathing is an obvious step in treating your sleep apnea.

Do not take sleeping pills if you suffer from sleep apnea. These pills are not recommended if you suffer from this condition because they relax the muscles of your throat. Skipping them can actually help you get a better night of sleep because your apnea symptoms are not aggravated.

Sleep apnea can benefit from a good diet that results in your losing weight. Normally people are quite surprised to learn that unhealthy eating is a major source of their sleep apnea. It's been proven that poor diets can contribute to the severity of sleep apnea.

Check if a corrective device can help alleviate your sleep apnea symptoms. Having an overbite, an undersized jaw or a recessed chin can cause your airway to be more narrow because of how your jawbone is set. These devices help create proper alignment of your jaw while you sleep, opening up your airway more. As a result, you experience fewer sleep apnea symptoms.

The first thing to do when you think you are dealing with sleep apnea is to discover if it is really apnea or just advanced snoring. If you have a loved one sleeping with you, this can be done alone at home, but if not you may need to visit a sleep clinic.

A great way to ensure that you do not sleep on your back and cause sleep apnea to occur is to use a tennis ball to prevent rolling onto your back. You can place one in a pillow behind your back and when you roll over in your sleep, the tennis ball will make you roll back on your side.

If simple changes in your lifestyle, such as regular sleep hours and losing weight, have not eliminated your sleep apnea episodes, it is time to consult with a sleep specialist. The specific causes of your sleep apnea can be evaluated, and an individual treatment plan can be designed for you.

If you are concerned that you may suffer from sleep apnea, it is important to be diagnosed right away. This way, you can start getting the treatment you need as quickly as possible. The advice you have read in this article can help you find the relief you need from this troublesome condition.

<a href=https://www.viagrasansordonnancefr.com/>viagrasansordonnancefr.com</a>

Pengirim : yunus -  [yunus.alamin1111@gmail.com]  Tanggal : 02/11/2016
itu memang bagus [indonesia]


   Kembali ke Atas